ISDN (Integrated Services Digital Netwrok)


Jaringan Digital Layanan Terpadu, atau ISDN, adalah layanan internet berkecepatan tinggi asli. Ini memicu perkembangan internet berkecepatan tinggi antara penyedia layanan selama 1990-an dan, tentu saja, merevolusi penggunaan internet. Sama seperti pendahulunya, layanan internet dial-up, ISDN menggunakan saluran telepon. Bahkan, ia menetapkan standar untuk layanan data telepon.

Layanan internet ISDN adalah peningkatan pada dial-up, dan juga membuka jalan bagi DSL dan layanan internet modem-kabel sesudahnya. Ini dapat dianggap sebagai langkah evolusi internet yang terletak antara dial-up dan DSL / Kabel. Memodernisasi penggunaan internet dan membawa akses berkecepatan tinggi di dalam rumah, ISDN menjadi standar dimana pesaing penyedia layanan internet broadband bersaing. Meskipun layanan internet ISDN masih ada, seperti koneksi dial-up itu digantikan oleh layanan yang lebih cepat dan lebih murah yang disediakan perusahaan broadband. Apapun, layanan internet broadband berkecepatan tinggi masih dibandingkan dengan ISDN hari ini karena mereka berdua mewakili standar zaman mereka.

Layanan internet ISDN pada dasarnya adalah sistem jaringan berbasis telepon yang beroperasi dengan saklar sirkuit, atau saluran khusus. Ini dapat mengirimkan data dan percakapan telepon secara digital melalui kabel telepon normal. Ini membuatnya lebih cepat dan berkualitas lebih tinggi daripada layanan internet dial-up. Selama 1990-an ini merevolusi cara orang melakukan bisnis. Anda tidak lagi harus kehilangan panggilan untuk mengakses internet Anda, atau mematikan internet untuk membuat panggilan telepon. Dengan demikian, layanan internet ISDN menjadikan video teleconferencing tidak hanya mungkin, tetapi juga sangat populer saat ini.

Ada dua jenis, atau jalur, layanan internet ISDN yang berbeda. Yang pertama adalah garis ISDN tingkat dasar. Disebut Basic Rate Interface (BRI), baris ini memiliki dua saluran data, atau pembawa, yang beroperasi pada 64 kbit / detik. Dua atau lebih jalur ISDN-BRI dapat digabungkan juga, menghasilkan kecepatan 256 kbit / detik. Menggabungkan garis-garis ini biasa digunakan untuk konferensi video atau untuk mentransmisikan data pada kecepatan yang lebih tinggi. Tipe kedua dari garis ISDN disebut garis laju primer, atau Primary Rate Interface (PRI). Baris ini memiliki 23 saluran pembawa dan memiliki kecepatan total 1.544 kbit / detik. Ini digunakan sebagian besar untuk komunikasi telepon daripada transmisi data, khususnya di dalam perusahaan yang memiliki sistem pertukaran telepon pribadi besar yang beroperasi di dalam bisnis mereka.

Keuntungan memiliki layanan internet ISDN jelas terletak pada jalur data itu sendiri. Anda tidak hanya memiliki kecepatan data konstan melalui jalur ini, setiap saluran pembawa berjalan pada 64 kbit / detik dengan kemampuan untuk digabungkan untuk mencapai kecepatan yang lebih besar. Layanan internet ISDN juga memungkinkan transmisi data berganda, sehingga panggilan telepon dan pengunduhan data tidak lagi saling eksklusif. Kerugiannya, bagaimanapun, adalah kejelasan digital dari komunikasi suara ISDN dan transmisi datanya yang cepat datang dengan biaya tambahan. ISDN ditagih seperti saluran telepon, tetapi dengan biaya layanan tambahan. Dan meskipun jarak operasionalnya dari kantor pusat ISDN lebih besar dari itu untuk DSL, adaptor terminalnya (mirip dengan modem) lebih mahal daripada DSL atau modem kabel. Meskipun peralatan dan layanan ini tetap mahal, ia tetap membuka jalan bagi layanan internet lainnya, seperti broadband, untuk dengan cepat menggantikan pangsa pasar ISDN di pasar.






Sumber :
https://whatismyipaddress.com/isdn

Komentar

Popular

Tunneling